Inilah 3 Rahasia, Kenapa Usaha Anda Tidak Berkembang

Beberapa pengusaha yang sempat curhat ke saya di tahun 2016 mengeluhkan karena usahanya tidak berkembang.. Stuck. Padahal saya lihat usahanya sudah lama berdiri dan memiliki resources cukup baik bahkan saya katakan luar biasa untuk ukuran pengusaha lokal. Bahkan beberapa komunitas mengakui keberadaan atau bahasa gaulnya eksistensi dirinya. Ingat eksistensi ya bukan profit. Bahkan semacam dijadikan publik figur secara kasat mata, tampilan luar. Saya kaget luar biasa setelah disampaikan bahwa usahanya ternyata stuck dan butuh pendampingan.

Ada beberapa hal yang ingin saya bagikan disini untuk menambah omzet bisnis Anda. Begini:

1. PIKIRKAN KEMBALI UNTUK APA ANDA BERBISNIS?
Untuk mengejar profit/omzet ataukah hanya untuk eksistensi diri? Hal ini kelihatannya sederhana… Namun Serupa tapi tak sama. Kalau Anda mengejar profit & omzet maka Anda akan berpikir minimal utk membelanjakan, menambah atau memutuskan eksekusi strategi atas bisnis Anda. Namun kalau hanya eksistensi diri yang Anda kejar maka tidak perlu berpikir 2x untuk memutuskan sesuatu atas bisnis anda. Tidak perlu repot-repot.. asal selfie produk, diri dan ikut kegiatan sana-sini pokok e dikenal… profit/ng-omzet nanti aja dipikir, padahal Anda sudah rugi waktu dan keluar biaya transport.
2. MENTAL GRATISAN
Ini hal sederhana tapi paling sering menancap di benak pengusaha. Dimana-mana yang namanya gratisan itu pasti tidak akan penuh Anda mendapatkannya. Anda boleh memanfaatkan hal-hal yang gratis dari pemerintah seperti stand pameran sampai seminar-seminar bisnis yang di dukung oleh pemerintah. Tapi ingatlah bahwa yang gratis pasti tidak penuh. dan yang penuh tidak gratis.
Para pengusaha ini memimpikan produknya bisa menjadi seperti Apple, ZARA, Starbucks… KFC, sampai Fitsa Hats yang terkenal.. eh.. Pizza Hut. PERNAHKAH Anda melihat mereka menggantungkan diri kepada support pemerintahan (baca:dinas)? Mereka berdiri diatas kaki sendiri dan berhasil. Pada tahap ini biasanya Pebisnis tidak bisa membedakan antara Investasi dan Biaya. Mereka terjebak pada hal-hal yang gratisan.. maunya mencari yang gratisan. Coba saja Anda ikut seminar2 bisnis yang di adakan oleh pemerintah.. GRATIS Anda ikut bahkan pulang dapat ‘sangu’ pembicaranya pebisnis terkenal misal Founder Baba Rafi, Bukalapak sampai Tung Desem Waringin. Ikutlah semua selama sepanjang tahun, maka Anda hanya akan dapat materi itu2 saja. Tanpa pernah dikasih tau bagaimana caranya dan apa yang strategi yang dilakukannya secara detail… pokoknya maunya gratisan dan bisa eksis beres!
3. PELIT
Setelah 2 jebakan batman diatas, yang nomor 3 ini yang menurut saya menjadi tolok ukur. Pelit??? ya Pelit!! Bukannya no 1 harus berpikir 2x ya sebelum membelanjakan uang? Bukan itu maksud saya, begini… Pelit disini yang saya mau sampaikan adalah Anda terlalu pelit ndak ketulungan dalam berbagi dengan orang lain dalam kehidupan sehari-hari. Sempoanya terlalu mengakar!. Pelit sangat jauh berbeda artinya dengan Hemat
Seberapa sering Anda beli sayur di tukang sayur dekat rumah nawarnya ndak ketulungan??? misalnya Anda mau beli Cabai misalnya, dijual seharga Rp 3,000 Anda tidak terima dan nawar klo bisa Rp 2,500 bahkan akan lebih bangga lagi kalau bisa dapat harga Rp 2,000. Ini yang menurut saya kebangetan…kepada penjual kecil seperti itu. SUDAH HARGANYA MURAH Anda masih menawar pula, padahal Anda tahu keuntungan yang diambil oleh tukang sayur itu hanya dikisaran Rp 100 – Rp 500 rupiah… Kehilangan 500 Rupiah pagi Ini dari harga Cabai tidak akan membuat Anda miskin kawans… tapi ingatlah semakin Anda Pelit kepada orang-orang kecil, maka mereka akan melepas dagangannya sambil berdoa.. kalau Anda pelit maka pedagang sayur itu akan doa negatif kepada Anda. Bayangkan kalau Anda membeli Cabai dimana keuntungan penjual itu biasanya Rp 300 dan Anda beli dengan keuntungan Rp 500, saya jamin doa-nya akan baik kepada Anda…
PELIT TIDAK AKAN MEMBUAT ANDA KAYA, TAPI PELIT JUSTRU AKAN MEMBUAT ANDA MISKIN.
Itulah 3 hal yang bisa saya sampaikan dari pengalaman saya pribadi sebagai Entrepreneur.
Buat saya semoga menjadi Ilmu yang Bermanfaat.. dan TRUST ME IT’S WORKS! and HAPPEN TO ME…
Jabat Erat,
Bobby Meidrie
WhatsApp: 081 550 58 618
Founder & CEO Tranceformasi Indonesia Group, Re-Kreasi & Membantu Istri Mengembangkan Fifta Royal Plaza.

Leave a Reply